Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT KALENDER SECARA OTOMATIS DI COREL DRAW

Awal pergantian tahun merupakan ladang bisnis bagi usaha percetakan. Apa kalian tahu apa itu? Ya kalender. Saat tahun berganti tentu kalender yang dipakaipun berganti. Ada ribuan bahkan puluhan ribu kalender dicetak untuk memenuhi permintaan dari masyarakat. Gak mungkin donk kita akan menggunkan calendar yang lama karena setiap tahunnya ada perubahan.
Kalender merupakan sebuah system untuk memberikan nama pada sebuah periode waktu. Kalender berganti setiap 12 bulan sekali atau setahun sekali, dan setiap satu bulan memiliki kurang lebih 30 hari. Kalender ada beberapa jenis yang umum kita ketahui yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriah.

Kalender Masehi merupakan kalender yang didasarkan dari pergerakan matahari, sedangkan kalender Hijriah adalah kalender yang didasarkan dari pergerakan bulan. Kalander yang ada di rumah kalian merupakan kalender Masehi.

Sesuai dengan judulnya, artikel kali ini admin akan membuatkan tutorial Cara Membuat kalender di CorelDraw. Tidak hanya di gunakan untuk desain grafis saja, tetapi CorelDraw juga dapat digunakan untuk membuat kalender secara Otomatis, Ya otomatis. Mungkin dari kalian masih belum tau bagaimana caranya kan terlebih lagi kalian seorang pemula, tutorial ini pasti berguna sekali. Kalender yang admin buat yaitu kalender 2019.

Di sini admin menggunkan CorelDraw X7. Untuk versi yang lain sama saja mungkin hanya berbeda dari segi tampilan. Nah dengan aplikasi ini kalian dapat membuat desain kalender sesuka kalian, seperti kalender untuk caleg, kalender ramadhan, kalender untuk sebuah lembaga dan lain sebagainya.

Ada dua proses yang akan kita lakukan yaitu yang pertama kita akan membuat kalendernya terlebih dahulu, lalu akan kita percantik dengan desain sesuai dengan selera kalian. Nah untuk itu agar kalian mudah memahami admin sarankan untuk memakai CorelDraw versi X3 ke atas.

Baca Juga : 

Tanpa berlama-lama lagi simak tutorial Cara Membuat Kalender Di CorelDraw X7 di bawah ini teman-teman sekalian, enjoy.

1. Pertama kalian buka coreldraw di laptop atau Pc kalian.

2. Atur ukurannya menjadi A2, yang merupakan ukuran kalander standar.

3. Kemudian buat background nya dengan menggunakan Rectangle tool.

4. Kemudian kasih warna sesuai dengan dengan selera.
5. Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah kita membuat kalendernya terlebih dahulu.

6. Caranya pilih Tools > Macros > Run Macro maka muncul jendela baru.
7. Atur seperti di bawah ini kemudian Run.
8. Kemudian kita membuat jenis kalendernya atur semuanya seperti dibawah ini.
9. Jika sudah klik Generate, tunggu beberapa detik maka hasilnya akan seperti ini.
10. Hapus bagian abu-abu yang ada diantara kalender kemudian atur kalender seperti ini. Untuk mempermudah mengaturnya blok semua kalender kemudian baru pindah kan.


11. Selanjutnya blok lagi semua kalender lalu takan Ctrl + G untuk mengrub semuanya, kemudian kecilkan ukurannya dan atur seperti dibawah ini.


12. Baru langkah selanjutnya kita membuat desainnya.

13. Buatlah garis Menggunakan Freehand tool di bagian atas seperti ini.
14. Kemudian buat melengkung garis tersebut dengan Shape tool. Jika kalian belum tahu caranya Klik Disini.

15. Beri warna dengan menggunakan Smart Fill tool.


16. Kemudian import atau masukkan sebuah gambar. Select gambar tesebut klik kanan pilih PowerClip Inside atau pilih Effects dibagian atas > PowerClip > Place Inside Frame. Arahkan tanda panah ke objek warna merah yang telah kita buat tadi maka hasilnya akan seperti ini. Jika kurang pas klik kanan pada gambar dan pilih Edit PowerClip.
17. Selanjutnya kita buat lagi garis menggunakan Freehand tool di bagian bawah dan atur garis menjadi melengkung seperti ini.
18. Kasih warna menggunakan Smart Fill tool.
19. Untuk minghilangkan garis pinggirnya blok semua nya kemudian pilih Outline pen > No outline.

20. Untuk mempercantik kalian bias membuat lingkaran dengan menggunakan Ellipse tool seperti ini.
21. Selanjutnya buat teks menggunakan Text tool seperti ini.

22. Selesai.

Hasilnya keren kan, bisa kalian kreasikan sesuai selera kalian sendiri. Kalau ada yang belum paham silahkan coment di bawah. Sekian dulu tutorial Cara Membuat Kalender Di CorelDraw X7. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah :)

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT KALENDER SECARA OTOMATIS DI COREL DRAW"